Selasa, 03 April 2012

perjuangan belum berakhir


“perjuangan belum berakhir”
Sebuah realita kehidupan social masyarakat Indonesia
oleh: Mohamad Nur Ikhwan (lurah Teater Efta semarang @2011-2012)
 
 Scene 1:
“lampu mati, lcd proyektor menayangkan video kelulusan sma”

Secene 2:

Tokoh 1: kemarin saya begitu bahagia saat pengumuman kelulusan sma, sekarang…. (sambil berdiri)
Kenapa!!! Kenapa saya bimbang Tuhan?? Tak tahu apa yang harus saya lakukan… (menghela nafas panjang)
    Beberapa saat kemudian.. ibu dating dengan membawa nampan berisi munuman dan makanan.
Ibu      : nak… kenapa kamu kelihatan murung seperti itu??
Tokoh 1          : saya bingung bu…. Mau melakukan apa??
            Kuliah, kerja atau menuruti keinginan ayah…
Ibu      : sudahlah nak… kamu tidak usah bingung begitu (sambil mendekat ke tokoh 1)
Tokoh 1          :saya ingin kuliah bu,… tapi saya takut ayah marah..
Ibu      :tidak usah kamu pikirkan ayahmu,.. kalo kamu memang benar benar ingin kuliah..
            Ibu disini hanya bias mendoakan dan mendukung kamu nak…
Tokoh 1          : terima kasih bu,… (sambil memeluk)
    Tiba tiba ayah datang
Ayah   : apa!!! Kuliah????? (sambil mendekat)
            Dari tadi saya dengarkan kalian mengobrol… ibu itu bagaimana… malah menyuruh untuk kuliah??
            (sambil menunjuk tokoh 1) mau jadi apa dia??? Percuma!!!
Ibu      : sudah pak.. sudah… bapak yang sabar… ini kopinya diminum dulu (sambil memberikan kopi)
Ayah   :ayah sudah sabar bu.. ayah menunggu dia lulus sma saja sudah lama…
            Ehh.. malah dia mau kuliah… mau jadi apa kamu?? (sambil duduk)
            Mending nikah sama si Anto, dia tampan, kaya juga baik.. (meminum kopi di meja)
Tokoh 1          :bapak ngomong apaan sih…. Saya ingin kuliah pak… (sambil pergi meninggalkan ruang)

Scene 3:
   Tokoh 1 sedang menyapu teras, tiba – tiba tokoh 2 datang.
Tokoh 2          : pagi nadia… rajin sekali..
Tokoh 1          : oh.. via.. saya kira siapa.. iya nih ngisi waktu luang.. tumben pagi pagi dah kesini,
mau minta ajarin masak lagi??? (sambil mengejek)
tokoh 2            : ah… kamu itu pikirannya masak terus.. otakmu penuh dengan resep makanan tuh…
            sampai tiap aku kesini pasti dimasakain…
tokoh 1            :enak juga kan???
Tokoh 2          : gak tuh… Cuma mantap…. (tertawa) pantes tuh klo jadi ibu rumah tangga,
            Pasti suamimu senag punya istri sepertimu(sambil mengejek)
Tokoh 1          : (sedih karena ingat kejadian kemaren) betul vi.. mungkin saya sudah waktunya menikah..
              Saya mau dijodohkan dengan anak teman bapak saya… (swambil berjalan ke kursi)
Tokoh 2           : apa!!! Dijodohkan…. Emangnya siti nurbaya (sambil berlari ke depan tokoh 1)
Tokoh 1           :sudahlah vi… saya sudah pasrah… mungkin ini jalan takdirku…
Tokoh 2           : tidak nad… bagaimana rencana kita untuk kuliah.. lulus kuliah kita akan membantu mengajar anak jalanan
              Mana semangatmu dulu nad?? Apa kamu sudah menyerah (sambil menatap tokoh 1)
     Tiba tiba ayah dating.
Ayah   : eh… ada via.. mana minumannya nadia??
Tokoh 1           : iya pak… saya bikinin minum dulu…(sambil berdiri). Saya bikin minum dulu ya vi…
Tokoh 2           : iya nad… (sedikit kecewa)
Ayah   : kamu mau nikah atau kerja vi??
Tokoh 2           : saya mau kuliah dulu pak…pengin cari ilmu yang tinggi..
Ayah   : via..via… mau jadi apa kamu sekolah tinggi tinggi…
Tokoh 2           ;Meskipun orang orang berfikir seperti itu tapiu via yakin
via bakal lebih baik dari perempuan yang tidak bersekolah…..
apa perempuian kerjaannya hanya di dapur dan mengasuh anak???
Ayah   : tapi ini nrealita vi…laki laki yang menjadi tulang punggung keluarga…
Tokoh 2           : lalu, kenapa bapak biarkan istri bapak bekerja?? Bukannya bapak yang tulang punggung keluarga?
Ayah   : kamu anak kecil tahu apa???
   (tokoh satu datanag, tapi melihat pembicaraan mereka ia berhenti dan mendengarkan pecakapan mereka)
Tokoh 2           : bapak tidak bias jawabka??? Pak kenapa nadia mau dijodohkan??
            Kasian dia…dia pengen kuliah pak….
Ayah   : iya vi.. bapak juga bingung sebenarnya,
tapi temen bapak sudah memaksa untuk cepat cepat menjodohkan anaknya sama nadia..
tokoh 2            : tapi pak.. kasihan nadia… masa depannya masih panjang….
      (tiba tiba tokoh 1 datang}
Tokoh 1           : biarlah vi… bapakku emang keras kepala.. yang penting saya akan tetap kuliah…
Ayah   : apa!!! Mau kuliah??? Mau taruh dimana muka bapak ini jika kamu gagal menikah sama si Anto…
Tokoh 1           :terserah bapak…
Ayah   : tidak!! Kamu harus tetap menikah dengan si Anto..
      (tiba tiba ibu datang)
Ibu       : sudah pak sabar… sabar… biarkan dia memilih… dia juga kan yanga akan menjalani
            (sambil mendekat ke tokoh 1)
Ayah   :tidak bu!! Pokoknya dia harus menikah dengan si Anto…
Ibu       :bapak tenana dulu… biarkan nnadia bicara dulu…
Tokoh 1           : pak,, saya tahu bapak lakukan ini untuk nadia, agar nadia bias bahagia,,, tapi bapak salah…
            Justru nadia bakal menderita pak.. nadia pengin kuliah…
Ayah   : tapi.(tokoh satu memotong perkataan ayah)
Tokoh 1           : baiklah pak.. saya minta satu permintaan…saya akan menikah dengan Anto jika saya tidak diterima kuliah
              Tapi jika diterima, maka bapak harus bersabar menunggu nadia lulus kuliah nanti..
Ayah   : baiklah nak… bapak setuju,, semoga kamu bahagia dengan keputusan ini..
      (semua pemain duduk)

Scene 4:
Tokoh 1 dan 2  : (berlari dan berteriak) hore!!!kita diterima.. kita rajut masa depan yang cerah

Scene 5
  Lcd proyektor menayangkan aksi aksi demonstrasi mahasiswa

0 komentar:

Posting Komentar